PENGALAMAN SAAT OUTDOOR LEARNING KARYA REYHAN AURA PRATAMA

              

PENGALAMAN SAAT OUTDOOR LEARNING
                                      Oleh: Reyhan Aura Pratama
          Disini saya akan menceritakan pengalaman perjalanan saya saat kegiatan Outdoor Learning pada tanggal 11 April 2019, kegiatan ini dimulai pukul 04.30 dengan shalat subuh berjamaah di sekolah. Yang memimpin shalat adalah Kepala Sekolah SD kita yaitu Bapak Yusuf, setelah shalat subuh berjamaah kami berkumpul di halaman sekolah untuk diberikan pengarahan oleh Bapak/Ibu pendamping kami dan juga persiapan untuk pemberangkatan.



Setelah itu kami memasuki bus untuk melanjutkan perjalanan kami menuju ke Bhakti Alam Kab. Pasuruan Kec. Tutur Desa Ngembal, setelah memasuki bus saya duduk dengan teman saya yang bernama Bielly. Lalu, Ibu Ely membagikan sekotak snack dan lembar kerja untuk mengamati keunikan Bhakti Alam. Setelah pukul 9.15 kami sampai disana dan persiapan unyuk sarapan pagi. Setelah sarapan pagi kami dibimbing oleh petugas Bhakti alam tentang kegiatan kita disana.
Setelah itu, kita diajak ke lapangan untuk mengikuti kegiatan senam dan outbond yang pertama. Disana kami sangat senang sekali karena kita diajak untuk memainkan fun game melawan kelompok lainnya dan juga Bapak/Ibu guru. Kelompok yang menang bisa diajak untuk keliling perkebunan duluan.


         


Kegiatan kami dilanjutkan menuju ke tempat berikutnya, yaitu kegiatan perah sapi, membuat biogas, dan juga diajarkan cara menanam padi bersama. Kegiatan ini membuat kami sangat senang  sekali meskipun cuacanya sedang hujan dan banyak teman teman yang merasa jijik saat menanam padi dan memerah susu sapi.

Setelah kegiatan ini kami diajak untuk keliling perkebunan dengan menggunakan bus tayo dan juga traktor. Banyak sekali jenis buah yang tumbuh disana seperti durian, melon kelengkeng, buah naga, dll. Setelah mengelilingi perkebunan kita juga bisa mencicipi buah segar hasil panen di kebun Hidroponik. Setelah itu kita menuju pawon jowo, disana kita bisa mencicipi jamu gratis dan saya membeli oleh-oleh di pawon jowo

Lalu, kami menaiki bus tayo menuju ke suatu tempat untuk beristirahat, di tengah-tengah perjalanan menuju tempat beristirahat bus berhenti sebentar. Bus berhenti karena kami diberi segelas jus semangka gratis oleh petugas Bhakti Alam, lalu kami melanjutkan perjalanan lagi menuju ke tempat tujuan. Sampai disana kami beristirahat sebentar lalu sholat dhuhur berjamaah di mushola Bhakti Alam. Setelah itu kami makan sore di tempat yang luas, sehabis makan sore saya merasa sangat kenyang


Lanjut, kegiatan fliying fog  kita bisa melihat pemandangan kebun Bhakti Alam dengan meluncur menggunakan flying fog . Ada teman saya teriak histeris ketakutan melihat ketinggian, dan ada juga yang merasa senang sekali sampai ingi mencoba kembali. Setelah kegiatan flying fog kami di bolehkan bermain di Taman Air. Saya dan teman-teman bermain siprat-sipratan air dan kejar-kejaran, bermain siprat-sipratan air dan kejar-kejaran sangat menyenangkan. Setelah kami bermain di taman air saya mengantri untuk mandi di toilet. Akhirnya, sudah giliran saya mandi.


Lanjut, setelah puas bermain air dan saatnya untuk pulang menuju sekolah. Di perjalanan pulang bus berhenti di Warung Ayam Bakar Wong Solo untuk makan malam. Setelah makan ayam bakar saya membersihkan tangan lalu, saya sholat isya. Lanjut, saya menaiki bus dan lalu langsung tidur.


Tidak lama kemudian, saya terbangun dari tidur tiba-tiba saya sudah sampai Lumajang. Lalu saya mengucap Alhamdulillah karena sudah sampai.

SAMPAI DISINI SAJA PENGALAMAN SAYA WAKTU OUTDOOR LEARNING

1 Response to "PENGALAMAN SAAT OUTDOOR LEARNING KARYA REYHAN AURA PRATAMA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel