PENGALAMAN SAAT BULAN RAMADHAN KARYA M. RIFKY



Pengalaman saat bulan ramadhan

                   Bulan ramadhan adalah bulan kesembilan dalam system kalender islam, setelah bulan rajab dan sya’ban. Kedatangan bulan ini selalu disambut oleh segenap kaum muslimin seluruh dunia dengan suka cita, sebab bulan ini murupakan bulan penuh rahmat dan penuh ampunan. Pada bulan ini juga hal-hal besar dan penting terjadi. Di antaranya adalah peristiwa turunnya Al-Qur’an dan kemenangan pasukan muslimin dalam perang Badar.

                  Kaum muslimin seluruh dunia menyambut kedatangan bulan ini dengan meningkatkan amal ibadah mereka. Pada siang hari, mereka berpuasa menahan diri dari lapar dan dahaga dari fajar hingga matahari terbenam. Dan pada malam hari, mereka mendirikan shalat Tarawih serta membaca Al-Qur’an (Tadarrus). Malam bulan ramadhan selalu terasa lain dan berbeda jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya.

                 Bulan ramadhan juga merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Pada bulan ini bisa kita saksikan wujud keberkahan tersebut secara nyata. Misalnya, di masjid-masjid atau musholla ada begitu banyak makanan dan minuman dari para penderma yang diperuntukkan bagi hamba-hamba Allah untuk berbuka puasa. Juga dari orang-orang kaya yang meningkatkan infak harta benda merekan terhadap kaum yang papa. Pada intinya, semangat Ramadhan adalah semangat untuk keimanan, pengendalian diri, dan berbagi.
















0 Response to "PENGALAMAN SAAT BULAN RAMADHAN KARYA M. RIFKY"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel